Header Ads Widget


 

BREAKING NEWS

6/recent/ticker-posts

UMRI Berikan Training Pemograman Arduino Bagi Guru


PEKANBARU -- Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI) memberikan training pemograman Arduino bagi guru Program Keahlian Komputer di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) se Kota Pekanbaru. Dalam rangka pelaksanaan Program Kemitraan Masyarakat Stimulus (PMKS) dari Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) pada Juli lalu.

Raja Widya Novchi menjelaskan kegiatan ini sangat penting dilaksanakan untuk dapat mengasah kemampuan dan bakat siswa tentang Arduino tersebut.

” Arduino merupakan salah satu merek dari sebuah mikrokontroller, yang merupakan alat pusat pengolahan aritmatika dan logika yang ada di dalamnya robot. Jadi analoginya, mikrokontroller adalah otak atau pusat control dari sebuah robot,” terang dia saat ditemui, Selasa (6/8).

Dikatakannya, kegiatan training pemograman arduino diawali dengan memperkenalkan dasar arduino dan programnya. Lalu dilanjutkan dengan membuat rangkaian yang dihubungkan ke arduino dan membuat programnya yang langsung dibimbing oleh dosen pendidikan Teknik.

Kemudian juga diajarkan bagaimana membuat program pada mikrokontroller arduino.

 “Tujuan kegiatan ini adalah untuk mengenalkan, meningkatkan, dan mengembangkan kemampuan tentang pemrograman arduino, serta meningkatkan kemampuan sebuah rangkaian elektronika,” sambungnya cici sapaan akrabnya.

Lebih lanjut, jelasnya pelaksanaan kegiatan ini diharapkan bisa menjadi pengetahuan dan pemahaman baru bagi para guru untuk diperkenalkan kepada siswa. 

“Saya berharap setelah mengikuti pelatihan ini peserta dapat lebih memahami tentang media pembelajaran arduino”, terang nya

Pelatihan arduino tersebut merupakan satu bentuk aplikatif pengabdian kepada masyarakat, dan jaga merupakan salah satu bentuk Tri Dharma Perguruan Tinggi. Serta suksesnya kegiatan ini tidak terlepas daripada perolehan dana hibah dari Kemenristekdikti yang diberikan melalui PKMS. ***

Posting Komentar

0 Komentar