Header Ads Widget


 

BREAKING NEWS

6/recent/ticker-posts

Resign

Penulis: Drs.Sofyan, M.Si (Dosen Tetap STIE Mahaputra Riau)

Resign  atau berhenti bekerja merupakan salah satu pengambilan  keputusan yang berat dan memerlukan pertimbangan  yang matang apalagi bagi tenaga kerja  yang telah berkeluarga.sebab dengan berhenti bekerja  sumber pendapatan yang pasti diterima setiap bulannya tidak ada lagi untuk memenuhi berbagai kebutuhan.

Namun demikian ternyata dalam bekerja  ada hal penting yang menjadi salah satu pertimbangan untuk mengundurkan diri atau berhenti  bekerja antara lain menyangkut suasana kerja dan lingkungan kerja yang kurang nyaman  dalam aspek psycologis dalam bekerja.

Lingkungan  suasana kerja dalam perspektif hubungan kerja diantara sesama rekan kerja  dan hubungan diantara atasan dan bawahan yang kurang terjalin dengan baik serta perlakuan yang dirasakan kurang adil terhadap berbagai hal yang berkaitan dengan pekerjaan akan menciptakan perasaan ketidak kenyamanan dalam bekerja.

Memang sering kita mendengar  mencari pekerjaan bukanlah mudah, dan ada mengatakan jika  keluar satu masih banyak  yang menginginkan kerja, namun tak dapat dipungkiri bahwa dengan bekerja akan memperoleh imbalan jasa  baik berupa gaji  dan tunjangan lainnya, akan tetapi ada juga yang mempertimbangkan kebutuhan psycologis dalam bekerja yang perlu didapatkan. Salah satunya  bekerja dibawah tekanan untuk mencapai target atas beban kerja  juga menjadi faktor pendorong timbulnya keinginan untuk berhenti bekerja.

Dalam konteks resign yang nantinya akan memberikan dampak  bagi pemenuhan keburuhan hidup , hendaknya perlu menyusun perencanaan yang matang berkaitan dengan keputusan yang diambil, misalnya apakah  mencari pekerjaan baru  atau membuka usaha sendiri  yang kedua hal tersebut jelas memerlukan waktu dan aspek  lain pendukungnya.

Berdiskusi dengan teman, kerabat dan sahabat serta keluarga perlu dilakukan sebelum memutuskan untuk resign, hal ini dimaksudkan agar berbagai solusi bilamana resign menjadi keputusan.

Bagaimanapun kondisi suasana lingkungan kerja  yang dihadapi dalam keseharian kerja  jangan cepat dan emosional dalam memutuskan resign dalam bekerja.

Jikalah memang memiliki keinginan untuk berwirausaha  dengan berbagai persiapan, namun untuk meraih kesuksesan juga memerlukan waktu, disamping kemampuan dan pengalaman berwirausaha yang perlu dipelajari dan di diskusikan agar terhindari dari kegagalan nantinya.

Jika memang resign keputusan yang diambil dalam bekerja diperlukan kesiapan dalam menghadapi suasana lingkungan baru ditempat kerja yang baru, kalau memang ada peluang kerja yang dianggap lebih baik dari tempat kerja yang lama....

Posting Komentar

0 Komentar